menjadi baik

Berbagi Ilmu

Kemarin, ada mahasiswa dari kelas lain yang mewawancarai saya untuk tugas akhir semesternya. Salah satu pertanyaannya adalah mengenai alasan saya menjadi pengajar. Jawaban saya sederhana saja: saya ingin ilmu saya (yang tidak seberapa ini) bermanfaat.

Beberapa hari yang lalu, lead engineer kami di Algostudio mengisi pelatihan pemrograman android di Dilo. Menurutnya, ilmu itu harus dibagi-bagi.

Salah satu forum guru di Malang juga menghubungi Algostudio untuk pelatihan di beberapa bulan mendatang. Kami bersedia dengan senang hati tanpa meminta imbalan materi apapun.

Hari ini, klien lama menghubungi lagi. Meminta jasa konsultasi (baca: mengajari in-house programmernya). Kalau dilihat dari sisi materi atau efek ekonomi jangka panjangnya, sepertinya, ini bukanlah model yang ideal bagi kami.

Namun, kembali lagi, prinsip kami adalah: ilmu itu harus dibagi-bagi, sesedikit apapun. Semakin kita memberi, kita tidak akan kekurangan. Meskipun niat kami ketika ingin berbagi itu bukan transaksional , tapi kami percaya kita akan diberi kelimpahan (ilmu) ketika melakukannya. Masalah rejeki, insyaAllah, ia bisa datang dari sisi mana pun.

Share this on...Share on Google+
Google+
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: